Posts Subscribe comment Comments

Pantai Wisata Blimbingsari

Sore ini awan kelabu bertengger di atas hamparan laut yang tenang. Angin bertiup pelan seolah ia malas untuk bergerak ombakpun hanya menghempas pelan pasir di tepi pantai ini. Di tengah laut nampak beberapa perahu kecil nelayan yang sedang memancing ikan. Aku yang sedari tadi duduk di sebuah kedai penjual es kelapa muda dengan di temani sebungkus rokok, aku menikmati es kelapa muda dan sayup terdengar alunan musik mengalun dengan penuh kelembutan, tenang yang kurasa dan damai menyelimuti hatiku. 
Pantai Blimbingsari adalah sebuah pantai Selat Bali yang terletak di Desa Blimbingsari Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi Propinsi Jawa Timur. Pantai Blimbingsari merupakan salah satu dari sekian banyak pantai yang dimiliki Kabupaten Banyuwangi. Pantai yang berpasir hitam ini menghadap langsung ke Pulau Bali dan memberikan daya tarik tersendiri bagi para pengunjungnya. 
Daya tarik pantai ini selain dari keasrian alamnya juga terkenal dengan wisata kulinernya yaitu makanan laut (sea food) .selain itu di pantai ini di adakan upacara adat petik laut yang di adakan setiap setahun sekali tepatnya pada bulan suro, banyak para wisatawan yang datang pada acara tersebut baik lokal maupun mancanegara, sayang sekali pantai ini boleh di bilang agak sempit jadi, apabila pada moment-moment tertentu seperti hari besar islam  pantai ini penuh sesak dengan pengunjung. 
Penulis pernah mengalami pengalaman buruk karena sempitnya pantai ini. pada lebaran tahun 2010 penulis pernah terjebak dalam kemacetan yang sangat menjengkelkan hampir satu jam penulis terjebak dalam kerumunan pengunjung yang berjalan kaki dan pengunjung yang menggunakan kendaraan bermotor, stress rasanya ketika itu. dan penulis berfikir mengapa pengelolaan dari pantai ini terkesan seadannya tidak ada pengembang yang serius mengelola pantai ini padahal pantai ini sangat potensi untuk menarik wisatawan. karena menurut pengamatan penulis, pantai ini pada hari biasa saja banyak di datangi oleh wisatawan apalagi hari libur atau pada hari-hari besar. 
Pantai ini juga menjadi idola masyarakat Kabupaten Banyuwangi yang bermukim di tengah kabupaten banyuwangi sebagai tempat untuk berkumpul bersama teman-teman atau hanya untuk menghilangkan penat dari kesibukan setiap hari hal tersebut di karena akses menuju pantai ini sangat mudah, hanya butuh waktu kurang dari 15 menit dari Rogojampi kita sudah sampai di pantai ini. Semoga saja pantai bisa dikelola dengan baik lagi dan dapat menjadi pantai yang memberikan tambahan penghasilan bagi masyarakat sekitarnya dan menjadi salah satu tempat favorit tujuan wisata bagi para wisatawan. 









0

Silahkan Tulis Komentar Anda ...